Pages

Thursday, August 21, 2014

Arti Atau Pengertian Organisasi Pramuka Dan Materinya

Pertama kali mengenal nama pramuka ketika saya masuk Sekolah Dasar, waktu itu pramuka salah satu jenis organisasi yang ditawarkan pihak sekolah supaya para siswa aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler. Pertama kali mengikuti pramuka saya dimasukan ke kelompok Siaga, dan berlanjut ke Penggalang.

Namun tahukah Anda bahwa pramuka memiliki arti kiasan yang sangat tinggi yang menjunjung nilai-nilai perjuangan besar bangsa Indonesia.

Maka tidak heran apabila dikelas-kelas awal, pramuka diwajibkan untuk diikuti oleh peserta didik. Hal ini terjadi dikarenakan kegiatan pramuka layaknya OSIS merambah semua  aspek, keagamaan, sosial dan budaya, alam, kepemimpinan, seni, dan lain sebagainya. Berikut adalah informasi tentang mengenai kegiatan ekstrakulikuler pramuka.

Pengertian pramuka

Kepramukaan pada hakikatnya adalah:
  • Suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tanggung jawab orang dewasa;
  • Yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar lingkungan pendidikan keluarga dan dialam terbuka;
  • Dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
pramuka, Pengertian Pramuka, Arti Pramuka, Organisasi Pramuka, arti lambang pramuka

Sifat pramuka

Berdasarkan resolusi Konferensi kepramukaan Sedunia Tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka kepramukaan mempunyai tiga sifat atau cirri khas, yaitu:
  1. Nasional , yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepramukaan di suatu Negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.
  2. Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepramukaan di Negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pramuka dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku, dan bangsa.
  3. Universal, yang berarti bahwa kepramukaan dapat dipergunakan dimana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja, yang dalam pelaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip dasar dan Metode Kepramukaan.

Fungsi pramuka

Dengan landasan uraian diatas, maka kepramukaan mempunyai fungsi sebagai:

1.    Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda
Kegiatan menarik disini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dn aturan permainan, jadi bukan sekadar main-main, yang hanya bersifat hiburan saja, tanpa aturan dan tujuan, dan tidak bernilai pendidikan. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.

2.    Pengabdian bagi orang dewasa
Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

3.    Alat bagi masyarakat dan organisasi

Kepramukaan merupakan alat  bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberiakn sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka tu sekadar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Istilah  gerakan kepramukaan

Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Sebelum tahun 1961 di Indonesia pernah berdiri berbagai macam organisasi kepramukaan seperti Pandu Rakyat Indonesia, Kepanduan Bangsa Indonesia, Hizbul waton dan lain-lain. Sekarang  hanya satu organisasi yang disebut Gerakan Pramuka.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang berusia antara 7 sampai dengan 25 tahun, dan berkedudukan sebagai peserta didik, yaitu sebagai Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang , Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis pembimbing.

Di samping itu kata pramuka juga dapat diartikan praja muda karana, yaitu rakyat muda yang suka berkarya.

Tujuan Gerakan Pramuka

Gerakan pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan Prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia , agar:

1.    Menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta:
  • Tinggi mental-moral-budi pekerti dan kuat keyakinan beragamnya.
  • Tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  • Kuat dan sehat fisiknya
2.    Menjadi warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan  Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Tugas pokok gerakan Pramuka

  1. Tugas pokokm Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, menuju ke tujuan Gerakan Pramuka, sehingga dapat membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembanguan masyarakat, bangsa dan Negara.
  2. Dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan tersebut Gerakan Pramuka selalu memeperhatikan keadaan, kemampuan, kebutuhan , dan minat peserta didiknya.
  3. Gerakan pramuka berkewajiban melaksanakan Eka Prasetya Pancakkarsa.
  4. Karena  kepramukaan bersifat nasional, maka gerak dan kegiatan Gerakan Pramuka disesuaikan dengan kepentingan nasional.
  5. Gerakan Pramuka hidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk tenaga kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat. Karenanya Gerakan Pramuka harus memperhatikan pula keadaan, kemampuan  adat dan harapan masyarakat, termasuk orang tua Pramuka, sehingga Gerakan Pramuka terutama pada satuan-satuannya dapat menyiapkan tenaga Pramuka sesuai denagn apa yang diharapkan orang tua Pramuka dan masyarakat setempat.
  6. Dalam pelaksanaan kegiatannya, gerakan Pramuka menggunakan Prisnsip Dasardan Metode Kepramukaan, system among dan berbagai metode penyajian lainnya. Para Pramuka mendapat pembinaan dalam satuan –gerak sesuai dengan  usia dan bidang kegiatannya dengan usia dan bidang kegiatannya denagn mengikuti ketentuan pada  syarat Kecakapan umum, syarat kecakapan Khusus dan syarat Pramuka Garuda.
  7. Sasaran yang ingin dicapai dengan pendidikan kepramukaan itu ialah:
  • Kuat keyakinan beragamnya.
  • Tinggi mental dan moralnya, serta berjiwa Pancasila.
  • Sehat, segar dan kuat jasmaninya
  • Cerdas, segar dan kuat jasmaninya.
  • Berpengetahuan luas dan dalam
  • Berjiwa kepimpinan dan patriot
  • Berkesadaran nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan
  • Berpengalaman banyak.
Sumber Buku: Manajemen Ekstrakulikuler, Penerbit: CV. Wacana Gelora Cipta.
Sumber Gambar: pramuka.or.id/

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Strategi Pemasaran Produk Yang Tepat Saat Ini

Berkembangnya teknologi pada jaman sekarang sangat banyak dinilai manfaat positifnya, ya bagaimana tidak, dengan kehidupan sekarang yang dikelilingi fasilitas yang serba canggih ini mendorong para marketer-marketer dari berbagai perusahaan memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan strategi  pemasaran pada jaman ini semakin komplit dan efisien.

Kesempatan seperti ini bahkan tidak hanya dilakukan  oleh perusahaan besar saja, banyak perusahaan-perusahaan kecil sifatnya perorangan pun ikut menikmati fasilitas teknologi yang berkembang pada saat ini. Strategi  pemasaran jasa atau produk yang banyak diminati pada saat ini salah satunya melalui media internet.

strategi pemasara, strategi pemasaran produk, makalah strategi pemasaran produk, pengertian strategi pemasaran produk, contoh strategi

Strategi pemasaran dengan produk apapun pada jaman sekarang lebih epektif menggunakan internet, ada banyak strategi pemasaran yang bisa gunakan melalui fasilitas yang terdapat di internet, seperti menggunakan layanan iklan yang disedikan google, iklan di media social (Facebook, Twitter, Youtube, dll), jasa iklan lokal, pemasaran lewat emai, bahkan penjualan langsung dan sebagainya.

Strategi pemasaran menggunakan internet ini sangat terbukti ampuh untuk menjaring konsumen, bahkan tidak sedikit iklan-iklan yang dulu hanya tampil di televisi sekarang sering tampil juga di internet. Hal ini membuktikan bahwa tayangan iklan di internet bisa diandalkan tidak hanya di televisi.

Contoh strategi pemasaran

Strategi pemasaran di internet secara global bisa digolongkan menjadi dua cara. Pertama, mengoptimalkan website kita supaya terindeks oleh mesin google (SEO) supaya tampil dihalaman satu pencarian google. Kedua, kita bisa menggunakan pasilitas iklan.

Contoh singkat apabila kita ingin mencoba strategi pemasaran di internet hal itu cukup mudah, dengan modal alamat website yang bisa kita dapatkan dengan harga yang cukup murah selanjutnya kita bisa menggunakan jasa orang lain (yang profesinal dibidang pengiklanan)  supaya website kita dibanjiri para pengunjung yang tertaget sesuai dengan produk yang akan kita jual.

Strategi pemasaran melalui internet ini benar-benar mengubah dunia pemasaran dan bisnis secara signifikan, segalanya bergerak lebih cepat dan lebih jauh. Dan, segalanya saling berkaitan antara pelanggan dan perusahaan, pelanggan dengan media, media dengan  perusahaan, dan pelanggan satu sama lain.

Sejarah singkat mengenai sebuah evolusi singkat

Di sepanjang tahun 1990-an, ada banyak sekali perdebatan di antara para pemasar tentang seberapa besar pengaruh internet terhadap indrustri.
Sejumlah orang berpendapat bahwa internet akan mengubah cara kerja pemasaran-menghilangkan proses menjual dalam transaksi komersial, karena pelanggan akan menggunakan internet untuk mencari tahu dan membeli apa-apa yang benar-benar mereka butuhkan. Pemasaran “tarik” (iklan disitus-situs web) akan berkembang. Sedangkan, pemasaran “dorong” (iklan directresponse) akan menghilang.

Banyak orang yang membuat prediksi secara berani, tapi sebenarnya tidak seorang pun punya gambaran apa yang akan terjadi. Internet , sebagai medium iklan, masih sangat baru dan masih akan berkembang. Antara tahun 1995 dan 2000, dana sebesar hampir $ 6o miliar diinvestasikan pada perusahaan-perusahaan internet.* Dan, hampir setiap ide pemasaran yang terpikirkan diuji selama periode tersebut, meskipun sebagian besar-seperti kecenderungan ide-ide futuristic lainnya-gagal total.

Namun,  sejumlah tekhnik dan strategi bisa berhasil. Dan, sebenarnya bisnis berkembang pesat. Sebagai contoh, amazon. Com dan Buy. Com dapat tumbuh dengan pesat karena berhasil membentuk diri mereka sebagai situs “tarik” yang efektif. Sedangkan lainnya, seperti Google, Microsoft MSN, dan Yahoo bisa berkembang karena memberikan layanan iklan jaringan maupun penelitian jaringan. Dan, lainnya lagi berkembang karena menolak untuk mendengarkan para pengutuk yang memprediksi kematian pemasaran direct. Ternyata, internet malah menjadi medium yang ideal untuk direct-response.

Dari sejarah 10 tahun yang singkat ini, kita bisa melihat bahwa sebagian besar strategi dan spekulasi awal runtuh dan setelah itu digantikan denagn strategi lain yang lebih efektif, yang menjadi awal pertumbuhan generasi baru para pemasar direct-response yang melek internet.  (Bruce Kogut, The Global Internet Economy, Cambridge: MIT Press, 2003).

Secepat cahaya, indrustri melakukan reorganisasi dan kembali berkembang. Karena diluar sana, ada dunia baru yang sarat akan peluang.
Mungkin selama ini kita menawarkan jasa atau produk lain secara langsung dengan cara offline, strategi ini pun sangat bagus namun akan lebih maksimal apabila strategi offline ini dibarengi dengan strategi online (internet).

Dan perlu kita ingat juga bahwa jangkauan marketing melalui internet tidak terbatas. Hal inilah yang menjadi perbedaan menonjol dari strategi pemasaran yang lainnya. Dengan memanfaatkan fasilitas internet perusahaan lokal bisa memasarkan produknya secara nasional, dan memungkinkan perusahaan nasional untuk memasarkan produknya secara global. Biaya penyimpanan dan pengiriman secara digital yang jauh lebih murah  bisa kita manfaatkan.

Bahkan pelanggan pun akan lebih mudah dan nyaman dengan berbelanja melalui internet (online). Karena mereka merasa  lebih efisien dari segi waktu dengan biaya belanja yang relative cukup murah.

Bagi anda yang sedang mencari strategi pemasaran untuk produk jasa atau produk lainnya, anda bisa menggunakan strategi pemasaran lewat internet ini dengan maksimal.
Sumber Buku: CHANGING THE CHANNEL, by Michael Masterson and MaryEllen Tribby

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Wednesday, August 20, 2014

Tips Cara Membaca Notasi Musik

Sebelum kita membahas tips cara cepat membaca notasi musik sebelumnya saya akan berbagi info singkat tentang pentingnya musik bagi kehidupan manusia. Banyak anak-anak usia dini maupun remaja  pada jaman sekarang yang mengisi waktu senggangnya untuk mengikuti kursus musik, hal ini salah satu pilihan yang positif menurut saya, kenapa, karena dengan berlatih musik banyak sekali dampak positif yang didapat, salah satunya otak kita akan mendapatkan kecerdasan musikal. 

Kecerdasan musikal ini akan melahirkan sebuah tindakan atau respon  yang bisa menyelesaikan segala permasalahan yang sedang dihapi dalam kehidupan sehari-hari. Itulah salah satu info singkat yang bisa saya bagisemoga menambah info seputar nilai positif tentang musik, oke kita lanjutkan saja tentang bagaimana cara membaca notasi musik itu?.

notasi musik, cara membaca notasi musik, belajar notasi musik, belajar musik, membaca notasi musik
Tips ini akan sia-sia jika anda hanya membacanya tetapi tidak pernah mempraktikannya  untuk dijadikan acuan dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman anda seputar not. Oleh karena itu diperlukan kesungguhan untuk membaca dan selanjutnya langsung pada hal yang tekhnis agar anda mengerti apa saja yang masih kurang yang perlu dibenahi dalam permainan anda. 

Sebab, sebagaimana diketahui, membaca not balok bukan merupakan hal yang mudah, apalagi bagi seseorang yang baru pertama kali belajar musik.  Padahal, salah satu kunci sukses seorang musisi terletak pada sejauh mana ia mampu membaca notasi musik tersebut.
Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar anda bisa membaca notasi musik dengan sempurna:

1.    Latihan 

Tidak bisa disangsikan bahwa latihan adalah latihan yang paling dasar untuk meningkatkan kualitas apapun, termasuk juga dalam rangka mengerti tentang notasi musik. Sebab, dalam latihan ini, anda harus bisa memadukan antara teori yang telah anda dapatkan dengan praktik langsung. Latihan tidak perlu dilakukan sampai seharian penuh sehingga menghabiskan waktu Anda. 

Tetapi yang penting, latihan dilakukan secara konsisten. Paling tidak, setengah jam atau satu jam per harinya. Latihan juga dapat dilakukan dari buku-buku yang bisa anda dapatkan dari took buku, atau dari teman yang mempunyai partitur lagu sederhana denagn not balok dan lain sebagainya, yang memungkinkan anda mencari informasi sebanyak-banyaknya.

2.    Selalu bermain instrument

 Memainkan instrument musik setiap hari dapat melatih kemampuan anda untuk membaca not balok. Memainkan instrument yang anda pelajari secara rutin juga mempunyai keuntungan lain, yaitu anda dapat mengasah kemampuan anda untuk mengontrol serta mengekplorasi instrument musik anda.

3.    Selalu rileks

Kondisi rileks selalu memungkinkan feel dan insting serta spontanitas anda dalam bermain musik akan “bekerja” dengan baik, sehingga hasil latihan yang anda lakukan akan berdampak besar pada perkembangan permainan yang tegang dan tidak tenang, maka bukan saja anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari latihan tersebut, tetapi justru hal ini juga akan mengganggu mental permainan anda.

4.    Jangan menghafal

Dalam musik, menghafal bukan hal yang istimewa. Sebab, seseorang yang memainkan musik hanya Karena hafalan (notasi), maka ia tidak akan pernah berkembang dan tidak akan mampu memainkan banyak lagu. Berbeda dengan seseorang yang telah memahami dan mengerti bagaimana membaca (notasi), maka kapan pun ia dibutuhkan untuk bermain, ia akan selalu siap untuk memainkan apapun dengan lagu yang banyak sebanyak mungkin.

Sumber: Buku Mudahnya Main Biola, Penerbi: BUKUBIRU

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Monday, August 18, 2014

Pengertian Singkat Manajemen Dan Manajemen Strategi

Kalau kita ngomongin manajemen, kata yang satu ini sangat luas cangkupannya, namun kalau kita benturkan dengan kehidupan keseharian kita, menururt pendapat saya (sebagai orang biasa yang belum banyak mengetahui ilmu menejemen), sebetulnya kata menejemen itu tidak akan bisa luput dari kehidupan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya, namun kita sebagai manusia banyak yang tidak menyadari secara langsung bahwa kita sedang mengaplikasikan definisi manajemen itu sendiri.

Seperti yang diungkap Ricky W. Griffin, dia mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen)

Pengertian  manajemen strategi

Strategi memiliki kaitan erat dengan konsep perencanaan dan pengambilan keputusan, sehingga strategi berkembang menjadi manajemen strategi. Pengertian manajemen sendiri adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan terhadap upaya-upaya yang dilakukan anggota organisasi dan penggunaan segala macam sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi ( James A.F. Stoner, 1992:8).

Pengertian manajemen, manajemen, manajemen strategi, definisi manajemen, makalah manajemen, proses manajemen

Terdapat empat hal yang penting yang menjadi karakteristik manajemen strategi:

  • Manajemen strategi merupakan suatu merupakan suatu proses
  • Proses digunakan untuk merumuskan dan mengplementasikan strategi
  • Strategi digunakan untuk menyediakan customer value terbaik guna mewujudkan visi organisasi
  • Manajer dan karyawan adalah pelaku manajemen strategi.

Proses manajemen strategi

Strategi pada hakikatnya merupakan rencana tindakan umum, berjangka panjang (berorientasi ke masa depan), dan cakupannya luas.oleh karena tu, strategi biasanya dirumuskan dalam kalimat yang maknanya sangat umum.

Namun demikian, dalam manajemen strategi tidak berarti bahwa tindakan rinci dan spesifik, yang biasanya dirumuskan dalam suatu program kerja tidak harus disusun. Sebaliknya,program-program kerja tersebut harus direncanakan pula dalam proses manajemen strategi dan bahkan harus dapat dirumuskan atau diidentifikasi ukuran kinerjanya.

Kegagalan dalam merumuskan ukuran kinerja yang sesuai, seringkali menjadi penyebab kegagalan organisasi dalam mencapai misinya. Proses sendiri adalah arus informasi melalui beberapa tahap analisis yang saling terkait menuju pencapaian tujuan atau cita-cita.

Beberapa tugas penting dari proses menajemen strategi yaitu:

  • Merumuskan misi organisasi ekstrakurikuler, meliputi rumusan umum tentang maksud  keberadaan (purpose), filosopi (philosophy), dan tujuan (goal).
  • Mengembangkan profil organisasi ekstrakulikuler yang mencerminkan kondisi intern dan kapabilitasnya.
  • Menganalisis pilihan-pilihan yang ada dalam organisasi ekstrakulikuler dengan mencocokan sumber dayanya dengan lingkunagn ekstern.
  • Mengidentifikasi opsi yang paling dikehendaki denagn mengevalusi setiap opsi yang ada berdasarkan misi organisasi ekstakulikuler.
  • Memilih seperangkat sasaran jangka panjang dan strategi umum (grand strategy) yang akan mencapai pilihan yang paling dikehendaki.
  • Mengembangkan sasaran tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan sasaran jangka panjang dan strategi umum yang dipilih.
  • Mengimplementasikan pilihan strategic dengan mengalokasikan sumber daya anggaran yang menekankan pada kesesuaian antara tugas, SDM dan struktur organisasi.
  • Mengevaluasi keberhasilan proses strategic sebagai masukan bagi pengambilan keputusan yang akan datang.

Perumusan strategi

Perumusan strategi adalah pengembangan rencana jangka panjang untuk menajemen efektif  dari kesempatan dan ancaman lingkungan, dilihat dari kekuatan dan kelemahan perusahaan. Perumusan strategi meliputi menentukan misi perusahaan, menentukan tujuan-tujuan yang dapat dicapai, pengembangan strategis, dan penetapan pedoman kebijakan.

1.    Misi
Misi organisasi adalah tujuan atau alasan  mengapa organisai hidup. Pernyataan misi yang disusun denagn baik mendefinisikan tujuan mendasar dan unik yang membedakan suatu perusahaan dengan  perusahaan lain dan mengidentifikasikan jangkauan operasi perusahaan dalam produk yang ditawarkan dan pasar yang dilayani.

2.    Tujuan
Tujuan adalah hasil kahir aktivitas perencanaan. Tujuan merumuskan apa yang akan diselesaikan dan kapan akan diselesaikan dan kapan akan diselesaikan, dan sebaiknya diukur jika memungkinkan. Istilah sasaran (goal) sering rancu dengan tujuan (objective). Sasaran adalah pernyataan terbuka yang berisi satu harapan yang akan diselesaikan tanpa perhitungan apa yang akan dicapai dan tidak ada penjelasan waktu penyelesaian.

3.    Strategi
Strategi perusahaan merupakan rumusan perencanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya.

4.    Kebijakan
Kebijakan menyediakan pedoman luas untuk pengambilan keputusan orgnisasi secara keseluruhan. Kebijakan juga merupakan pedoman luas yang menghubungkan perumusan tujuan dan implementasi.

Implementasi strategi

Implementasi strategi adalah proses dimana manajemen mewujudkan strategi dan kebijakannya dalam tindakan melalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur.

1.    Program

Program adalah pernyataan aktivitas-aktivitas atau langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan perencanaan sekali pakai.

2.    Anggaran
Adalah program yang dinyatakan dalam bentuk satuan uan, setiap program akan dinyatakan secara rinci dalam biaya yang dapat digunakan oleh manajemen untuk merencanakan dan mengendalikan.

3.    Prosedur
Prosedur seringkali disebut sebagai standard rating procedures (SOP). Prosedur adalah system langkah-langah atau teknik-teknik yang berurutan yang menggambarkan secara rinci bagaimana sustu tugas atau pekerjaan diselesaikan.

Sumber: Buku MANAJEMEN EKSTRAKULIKULER, Penerbit CV Wacana Gelora Cipta,  http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

Sunday, August 17, 2014

Pengertian Koperasi Dan Koperasi Siswa

Kita sebagai orang Indonesia pastinya sudah mengenal kata koperasi, namun diantara kita tidak sedikit  pula yang tidak mengetahui apa pengertian dari koperasi, terutama bagi para pelajar yang baru masuk sekolah lanjutan yang belum mengenal kata koperasi ini, nah sebelum lebih lanjut membahas tentang koperasi ini ada baiknya kita ketahui arti dari koperasi itu sendiri.

Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Pengertian koperasi, koperasi, arti koperasi, koperasi siswa

Koperasi bisa kita temukan dilingkungan masyarakat kita, etah itu di perkantoran, pasar, tempat pendidikan, dan sebagainya. Dari beberapa lingkungan tersebut kita pasti pernah mendengar koperasi siswa, koperasi siswa bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa berwirausaha siswa. Siswa dibekali ilmu kewirausahaan dengan  keterlibatan langsung dalam kegiatan operasional koperasi siwa.

Pengertian koperasi siswa

Koperasi siswa adalah koperasi siswa yang berada dalam lingkungan sekolah yang anggotanya adalah siswa dari sekolah tersebut yang dapat melakuakn kegiatan ekonomi tanpa badan hokum. Struktur organisasi koperasi siswa yang tersusun atas dewan penasihat dan alat perlengkapan organisasi. Dewan penasihat terdiri atas kepala sekolah, guru dan perwakilan orang tua siswa. Sedangkan alat perlengkapan organisasi terdiri dari rapat anggota, pengurus koperasi dan badan pemeriksa/pengawas.

Tujuan Koperasi Siswa

Tujuan didirikannya koperasi siswa disekolah ialah untuk:
  1. Member bekal kepada siswa sekolah secara langsung dengan praktek berkoperasi dalam pemenuhan berbagai barang kebutuhan sekolah.
  2. Agar para siswa tumbuh jiwa setia kawan, saling menghargai, kesamaan derajat dan gotong royong antar sesamanya di samping menumbuhkan rasa cinta pada sekolah.
  3. Menumbuhkan serta mengasah demokrasi, kreativitas, kemampuan, pengetahuan dan lain sebagainya.

Keanggotaan dan kepengurusan koperasi siswa

Yang menjadi anggota koperasi siswa suatu sekolah ialah warga sekolah yang bersangkutan, dimana setiap anggotanya memiliki hak yang sama untuk memilih pengurus dan dipilih sebagai pengurus koperasi. Setiap anggota kopsis wajib mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pengurus koperasi siswa bertanggung jawab dalam melaporkan laporan pertanggungjawaban kepada anggota kopsis melalui rapat anggota. Pengurus dipilih dan diangkat melalui rapat anggota koperasi siswa. Bendahara dan pengawas dapat dipilih oleh kepala sekolah.
Jika ada posisi yang belum dijabat oleh siswa, sementara dapat diisi oleh guru sekolah yang bersangkutan.

Jenis usaha dan modal koperasi siswa

Bisnis usaha yang dapat dijalankan oleh koperasi siswa yakni seperti kantin, took koperasi, kredit dan pinjaman kepada siswa yang membutuhkan, dan lain sebagainya. Koperasi siswa salam mendapatkan dana untuk modal kegiatan usaha bisa didapat dari:

1.    Simpanana wajib anggota koperasi siswa
2.    Simpanan pokok anggota koperasi siswa
3.    Sisa hasil usaha yang disisihkan
4.    Pinjaman ke sekolah atau pihak lain
5.    Sumber dana lain yang layak dan tidak mengikat.

Kegiatan ekstrakulikuler berjenis koperasi siswa ini memenuhi fungsi ekstrakulikuler yang keempat, yaitu fungsi persiapan karier. Fungsi persiapan karier ini memiliki pengertian bahwa didalam pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler ini, peserta didik dipersiapkan untuk mengahdapi dunia kerja di masa yang kan datang.

Pada kegiatannya, dalam ekstrakulikuler koperasi siswa ini peserta didik dihadapi pada situasi nyata seperti hal nya dunia kerja.peserta didik dibekali cara untuk memenej situasi penjualan dan diberikan pula pengetahuan mengenai pembukuan laba rugi.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.