• home
Home » » Arti Atau Pengertian Organisasi Pramuka Dan Materinya

Arti Atau Pengertian Organisasi Pramuka Dan Materinya

Pertama kali mengenal nama pramuka ketika saya masuk Sekolah Dasar, waktu itu pramuka salah satu jenis organisasi yang ditawarkan pihak sekolah supaya para siswa aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler. Pertama kali mengikuti pramuka saya dimasukan ke kelompok Siaga, dan berlanjut ke Penggalang.

Namun tahukah Anda bahwa pramuka memiliki arti kiasan yang sangat tinggi yang menjunjung nilai-nilai perjuangan besar bangsa Indonesia.

Maka tidak heran apabila dikelas-kelas awal, pramuka diwajibkan untuk diikuti oleh peserta didik. Hal ini terjadi dikarenakan kegiatan pramuka layaknya OSIS merambah semua  aspek, keagamaan, sosial dan budaya, alam, kepemimpinan, seni, dan lain sebagainya. Berikut adalah informasi tentang mengenai kegiatan ekstrakulikuler pramuka.

Pengertian pramuka

Kepramukaan pada hakikatnya adalah:
  • Suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tanggung jawab orang dewasa;
  • Yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar lingkungan pendidikan sekolah dan diluar lingkungan pendidikan keluarga dan dialam terbuka;
  • Dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
pramuka, Pengertian Pramuka, Arti Pramuka, Organisasi Pramuka, arti lambang pramuka

Sifat pramuka

Berdasarkan resolusi Konferensi kepramukaan Sedunia Tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, maka kepramukaan mempunyai tiga sifat atau cirri khas, yaitu:
  1. Nasional , yang berarti suatu organisasi yang menyelenggarakan kepramukaan di suatu Negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.
  2. Internasional, yang berarti bahwa organisasi kepramukaan di Negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pramuka dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku, dan bangsa.
  3. Universal, yang berarti bahwa kepramukaan dapat dipergunakan dimana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja, yang dalam pelaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip dasar dan Metode Kepramukaan.

Fungsi pramuka

Dengan landasan uraian diatas, maka kepramukaan mempunyai fungsi sebagai:

1.    Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda
Kegiatan menarik disini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dn aturan permainan, jadi bukan sekadar main-main, yang hanya bersifat hiburan saja, tanpa aturan dan tujuan, dan tidak bernilai pendidikan. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.

2.    Pengabdian bagi orang dewasa
Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

3.    Alat bagi masyarakat dan organisasi

Kepramukaan merupakan alat  bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberiakn sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka tu sekadar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Istilah  gerakan kepramukaan

Gerakan pramuka adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Sebelum tahun 1961 di Indonesia pernah berdiri berbagai macam organisasi kepramukaan seperti Pandu Rakyat Indonesia, Kepanduan Bangsa Indonesia, Hizbul waton dan lain-lain. Sekarang  hanya satu organisasi yang disebut Gerakan Pramuka.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang berusia antara 7 sampai dengan 25 tahun, dan berkedudukan sebagai peserta didik, yaitu sebagai Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang , Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis pembimbing.

Di samping itu kata pramuka juga dapat diartikan praja muda karana, yaitu rakyat muda yang suka berkarya.

Tujuan Gerakan Pramuka

Gerakan pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan Prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia , agar:

1.    Menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta:
  • Tinggi mental-moral-budi pekerti dan kuat keyakinan beragamnya.
  • Tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  • Kuat dan sehat fisiknya
2.    Menjadi warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembangunan bangsa dan Negara.

Tujuan tersebut merupakan cita-cita Gerakan Pramuka. Karena itu semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam Gerakan  Pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Tugas pokok gerakan Pramuka

  1. Tugas pokokm Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, menuju ke tujuan Gerakan Pramuka, sehingga dapat membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembanguan masyarakat, bangsa dan Negara.
  2. Dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan tersebut Gerakan Pramuka selalu memeperhatikan keadaan, kemampuan, kebutuhan , dan minat peserta didiknya.
  3. Gerakan pramuka berkewajiban melaksanakan Eka Prasetya Pancakkarsa.
  4. Karena  kepramukaan bersifat nasional, maka gerak dan kegiatan Gerakan Pramuka disesuaikan dengan kepentingan nasional.
  5. Gerakan Pramuka hidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk tenaga kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat. Karenanya Gerakan Pramuka harus memperhatikan pula keadaan, kemampuan  adat dan harapan masyarakat, termasuk orang tua Pramuka, sehingga Gerakan Pramuka terutama pada satuan-satuannya dapat menyiapkan tenaga Pramuka sesuai denagn apa yang diharapkan orang tua Pramuka dan masyarakat setempat.
  6. Dalam pelaksanaan kegiatannya, gerakan Pramuka menggunakan Prisnsip Dasardan Metode Kepramukaan, system among dan berbagai metode penyajian lainnya. Para Pramuka mendapat pembinaan dalam satuan –gerak sesuai dengan  usia dan bidang kegiatannya dengan usia dan bidang kegiatannya denagn mengikuti ketentuan pada  syarat Kecakapan umum, syarat kecakapan Khusus dan syarat Pramuka Garuda.
  7. Sasaran yang ingin dicapai dengan pendidikan kepramukaan itu ialah:
  • Kuat keyakinan beragamnya.
  • Tinggi mental dan moralnya, serta berjiwa Pancasila.
  • Sehat, segar dan kuat jasmaninya
  • Cerdas, segar dan kuat jasmaninya.
  • Berpengetahuan luas dan dalam
  • Berjiwa kepimpinan dan patriot
  • Berkesadaran nasional dan peka terhadap perubahan lingkungan
  • Berpengalaman banyak.
Sumber Buku: Manajemen Ekstrakulikuler, Penerbit: CV. Wacana Gelora Cipta.
Sumber Gambar: pramuka.or.id/

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

4 comments:

  1. Terima kasih, artikel ini sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  3. hi. cape yah? sama kok aku juga

    ReplyDelete

Search