• home
Home » » Strategi Pemasaran Produk Yang Tepat Saat Ini

Strategi Pemasaran Produk Yang Tepat Saat Ini

Berkembangnya teknologi pada jaman sekarang sangat banyak dinilai manfaat positifnya, ya bagaimana tidak, dengan kehidupan sekarang yang dikelilingi fasilitas yang serba canggih ini mendorong para marketer-marketer dari berbagai perusahaan memanfaatkan fasilitas ini. Bahkan strategi  pemasaran pada jaman ini semakin komplit dan efisien.

Kesempatan seperti ini bahkan tidak hanya dilakukan  oleh perusahaan besar saja, banyak perusahaan-perusahaan kecil sifatnya perorangan pun ikut menikmati fasilitas teknologi yang berkembang pada saat ini. Strategi  pemasaran jasa atau produk yang banyak diminati pada saat ini salah satunya melalui media internet.

strategi pemasara, strategi pemasaran produk, makalah strategi pemasaran produk, pengertian strategi pemasaran produk, contoh strategi

Strategi pemasaran dengan produk apapun pada jaman sekarang lebih epektif menggunakan internet, ada banyak strategi pemasaran yang bisa gunakan melalui fasilitas yang terdapat di internet, seperti menggunakan layanan iklan yang disedikan google, iklan di media social (Facebook, Twitter, Youtube, dll), jasa iklan lokal, pemasaran lewat emai, bahkan penjualan langsung dan sebagainya.

Strategi pemasaran menggunakan internet ini sangat terbukti ampuh untuk menjaring konsumen, bahkan tidak sedikit iklan-iklan yang dulu hanya tampil di televisi sekarang sering tampil juga di internet. Hal ini membuktikan bahwa tayangan iklan di internet bisa diandalkan tidak hanya di televisi.

Contoh strategi pemasaran

Strategi pemasaran di internet secara global bisa digolongkan menjadi dua cara. Pertama, mengoptimalkan website kita supaya terindeks oleh mesin google (SEO) supaya tampil dihalaman satu pencarian google. Kedua, kita bisa menggunakan pasilitas iklan.

Contoh singkat apabila kita ingin mencoba strategi pemasaran di internet hal itu cukup mudah, dengan modal alamat website yang bisa kita dapatkan dengan harga yang cukup murah selanjutnya kita bisa menggunakan jasa orang lain (yang profesinal dibidang pengiklanan)  supaya website kita dibanjiri para pengunjung yang tertaget sesuai dengan produk yang akan kita jual.

Strategi pemasaran melalui internet ini benar-benar mengubah dunia pemasaran dan bisnis secara signifikan, segalanya bergerak lebih cepat dan lebih jauh. Dan, segalanya saling berkaitan antara pelanggan dan perusahaan, pelanggan dengan media, media dengan  perusahaan, dan pelanggan satu sama lain.

Sejarah singkat mengenai sebuah evolusi singkat

Di sepanjang tahun 1990-an, ada banyak sekali perdebatan di antara para pemasar tentang seberapa besar pengaruh internet terhadap indrustri.
Sejumlah orang berpendapat bahwa internet akan mengubah cara kerja pemasaran-menghilangkan proses menjual dalam transaksi komersial, karena pelanggan akan menggunakan internet untuk mencari tahu dan membeli apa-apa yang benar-benar mereka butuhkan. Pemasaran “tarik” (iklan disitus-situs web) akan berkembang. Sedangkan, pemasaran “dorong” (iklan directresponse) akan menghilang.

Banyak orang yang membuat prediksi secara berani, tapi sebenarnya tidak seorang pun punya gambaran apa yang akan terjadi. Internet , sebagai medium iklan, masih sangat baru dan masih akan berkembang. Antara tahun 1995 dan 2000, dana sebesar hampir $ 6o miliar diinvestasikan pada perusahaan-perusahaan internet.* Dan, hampir setiap ide pemasaran yang terpikirkan diuji selama periode tersebut, meskipun sebagian besar-seperti kecenderungan ide-ide futuristic lainnya-gagal total.

Namun,  sejumlah tekhnik dan strategi bisa berhasil. Dan, sebenarnya bisnis berkembang pesat. Sebagai contoh, amazon. Com dan Buy. Com dapat tumbuh dengan pesat karena berhasil membentuk diri mereka sebagai situs “tarik” yang efektif. Sedangkan lainnya, seperti Google, Microsoft MSN, dan Yahoo bisa berkembang karena memberikan layanan iklan jaringan maupun penelitian jaringan. Dan, lainnya lagi berkembang karena menolak untuk mendengarkan para pengutuk yang memprediksi kematian pemasaran direct. Ternyata, internet malah menjadi medium yang ideal untuk direct-response.

Dari sejarah 10 tahun yang singkat ini, kita bisa melihat bahwa sebagian besar strategi dan spekulasi awal runtuh dan setelah itu digantikan denagn strategi lain yang lebih efektif, yang menjadi awal pertumbuhan generasi baru para pemasar direct-response yang melek internet.  (Bruce Kogut, The Global Internet Economy, Cambridge: MIT Press, 2003).

Secepat cahaya, indrustri melakukan reorganisasi dan kembali berkembang. Karena diluar sana, ada dunia baru yang sarat akan peluang.
Mungkin selama ini kita menawarkan jasa atau produk lain secara langsung dengan cara offline, strategi ini pun sangat bagus namun akan lebih maksimal apabila strategi offline ini dibarengi dengan strategi online (internet).

Dan perlu kita ingat juga bahwa jangkauan marketing melalui internet tidak terbatas. Hal inilah yang menjadi perbedaan menonjol dari strategi pemasaran yang lainnya. Dengan memanfaatkan fasilitas internet perusahaan lokal bisa memasarkan produknya secara nasional, dan memungkinkan perusahaan nasional untuk memasarkan produknya secara global. Biaya penyimpanan dan pengiriman secara digital yang jauh lebih murah  bisa kita manfaatkan.

Bahkan pelanggan pun akan lebih mudah dan nyaman dengan berbelanja melalui internet (online). Karena mereka merasa  lebih efisien dari segi waktu dengan biaya belanja yang relative cukup murah.

Bagi anda yang sedang mencari strategi pemasaran untuk produk jasa atau produk lainnya, anda bisa menggunakan strategi pemasaran lewat internet ini dengan maksimal.
Sumber Buku: CHANGING THE CHANNEL, by Michael Masterson and MaryEllen Tribby

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

3 comments:

  1. terimakasih banyak nih, mantab deh strateginya

    http://cv-pengobatan.com/pengobatan-alami-limpa-bengkak/

    ReplyDelete
  2. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete

Search