• home
Home » » Tips Cara Membaca Notasi Musik

Tips Cara Membaca Notasi Musik

Sebelum kita membahas tips cara cepat membaca notasi musik sebelumnya saya akan berbagi info singkat tentang pentingnya musik bagi kehidupan manusia. Banyak anak-anak usia dini maupun remaja  pada jaman sekarang yang mengisi waktu senggangnya untuk mengikuti kursus musik, hal ini salah satu pilihan yang positif menurut saya, kenapa, karena dengan berlatih musik banyak sekali dampak positif yang didapat, salah satunya otak kita akan mendapatkan kecerdasan musikal. 

Kecerdasan musikal ini akan melahirkan sebuah tindakan atau respon  yang bisa menyelesaikan segala permasalahan yang sedang dihapi dalam kehidupan sehari-hari. Itulah salah satu info singkat yang bisa saya bagisemoga menambah info seputar nilai positif tentang musik, oke kita lanjutkan saja tentang bagaimana cara membaca notasi musik itu?.

notasi musik, cara membaca notasi musik, belajar notasi musik, belajar musik, membaca notasi musik
Tips ini akan sia-sia jika anda hanya membacanya tetapi tidak pernah mempraktikannya  untuk dijadikan acuan dalam rangka meningkatkan kualitas pemahaman anda seputar not. Oleh karena itu diperlukan kesungguhan untuk membaca dan selanjutnya langsung pada hal yang tekhnis agar anda mengerti apa saja yang masih kurang yang perlu dibenahi dalam permainan anda. 

Sebab, sebagaimana diketahui, membaca not balok bukan merupakan hal yang mudah, apalagi bagi seseorang yang baru pertama kali belajar musik.  Padahal, salah satu kunci sukses seorang musisi terletak pada sejauh mana ia mampu membaca notasi musik tersebut.
Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan agar anda bisa membaca notasi musik dengan sempurna:

1.    Latihan 

Tidak bisa disangsikan bahwa latihan adalah latihan yang paling dasar untuk meningkatkan kualitas apapun, termasuk juga dalam rangka mengerti tentang notasi musik. Sebab, dalam latihan ini, anda harus bisa memadukan antara teori yang telah anda dapatkan dengan praktik langsung. Latihan tidak perlu dilakukan sampai seharian penuh sehingga menghabiskan waktu Anda. 

Tetapi yang penting, latihan dilakukan secara konsisten. Paling tidak, setengah jam atau satu jam per harinya. Latihan juga dapat dilakukan dari buku-buku yang bisa anda dapatkan dari took buku, atau dari teman yang mempunyai partitur lagu sederhana denagn not balok dan lain sebagainya, yang memungkinkan anda mencari informasi sebanyak-banyaknya.

2.    Selalu bermain instrument

 Memainkan instrument musik setiap hari dapat melatih kemampuan anda untuk membaca not balok. Memainkan instrument yang anda pelajari secara rutin juga mempunyai keuntungan lain, yaitu anda dapat mengasah kemampuan anda untuk mengontrol serta mengekplorasi instrument musik anda.

3.    Selalu rileks

Kondisi rileks selalu memungkinkan feel dan insting serta spontanitas anda dalam bermain musik akan “bekerja” dengan baik, sehingga hasil latihan yang anda lakukan akan berdampak besar pada perkembangan permainan yang tegang dan tidak tenang, maka bukan saja anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari latihan tersebut, tetapi justru hal ini juga akan mengganggu mental permainan anda.

4.    Jangan menghafal

Dalam musik, menghafal bukan hal yang istimewa. Sebab, seseorang yang memainkan musik hanya Karena hafalan (notasi), maka ia tidak akan pernah berkembang dan tidak akan mampu memainkan banyak lagu. Berbeda dengan seseorang yang telah memahami dan mengerti bagaimana membaca (notasi), maka kapan pun ia dibutuhkan untuk bermain, ia akan selalu siap untuk memainkan apapun dengan lagu yang banyak sebanyak mungkin.

Sumber: Buku Mudahnya Main Biola, Penerbi: BUKUBIRU

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

1 comments:

  1. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:

    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).

    Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masih banyak fungsi lainnya

    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)

    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.

    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -POsko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
    Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.

    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya

    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081977000899 / 081112300319

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten

    #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAHSAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAH SAKIT
    #TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDASERBAGUNA #TENDADRIVETHRU #TENDAVAKSIN #TENDAPEMAKAMAN


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    https://sites.google.com/d/1pcx7KorOqbjx0NiYnGFSUG5kOkWyCwi
    C/p/1yhTPQJp9thkWKmmxVcD-0m71khRu4_K9/edit

    ReplyDelete

Search